Pelayanan Mahasiswa

 

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling Bentuk Kegiatan:

1.    Bimbingan Akademik (Perwalian) oleh Dosen Pembimbing Akademik (DPA)

2.    Bimbingan Praktik Industri (PI) oleh Dosen Pembimbing Praktik Industri (DPI)

3.    Bimbingan proposal dan hasil skripsi/tugas akhir oleh Dosen Pembimbing Skripsi

4.    Untirta Counseling Center (UCC)

5.    Bimbingan Pramuka

Pelaksanaan:

1.    Akademik (Perwalian) dilakukan oleh Dosen Pembimbing Akademik (DPA) setiap awal semester untuk menentukan mata kuliah yang akan diambil berdasarkan jumlah SKS.

2.    Bimbingan Praktik Industri (PI) dilaksanakan oleh Dosen Pembimbing Praktik Industri (DPI) pada setiap pelaksanaan program Praktik Industri (PI) mulai dari pembekalan PI, bimbingan proposal PI, bimbingan pelaksanaan PI, bimbingan hasil PI, sampai dengan bimbingan hasil dan seminar PI. Pelaksanaan pembekalan PI pada setiap akhir semester ganjil (bulan Desember). PI dilaksanakan selama 1 – 3 bulan oleh mahasiswa semester 5, 6, 7, dan 8.

3.    Bimbingan proposal dilaksanakan pada semester 7 dan pembimbingan hasil skripsi/tugas akhir dilaksanakan pada semester 7 dst.

4.    UCC memberikan layanan jasa konseling kepada seluruh mahasiswa aktif, civitas akademika yang membutuhkan jasa layanan UCC, dan seluruh masyarakat pengguna layanan bimbingan konseling serta layanan psikolog. Layanan bimbingan UCC dilaksanakan secara individu maupun kelompok untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa baik permasalahan yang menyangkut akademik, psikis, maupun lainnya, sehingga mahasiswa dapat kembali termotivasi dalam menjalani perkuliahan.

5.    Bimbingan pramuka memberikan layanan berupa kegiatan kepada mahasiswa baru dan mahasiswa yang tergabung dalam keanggotaan pramuka, diantaranya MPTR 2016 (Masa Penerimaan Tamu Racana), Kembara (Kemah Bakti Racana) di Ds. Bungur Copong, Jiput, Pandeglang – Pengabdian Masyarakat, Milad Pramuka Untirta ke -17 2017 – silaturahmi anggota dan pramuka kampus lain, Pesyiar 2017 (Perkemahan Syiar Ramadhan) – berbagi sesama lingkungan kampus dan Desa Ciwaru, Penggalangan Dana dan Bakti Sosial Bencana Banjir Anyer 2017 (Pengabdian Masyarakat), Apel Kebangsaan dan Renungan Suci 2017 di Taman Makam Pahlawan Ciceri – Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2017

Hasil:

1.    Hasil dari pembimbingan akademik:

a.   mahasiswa yang aktif teregistrasi secara online di sistem akademik (siakad) dapat mengetahui mata kuliah wajib dan pilihan yang akan diambil.

b.   permasalahan yang dialami oleh mahasiswa yang berkaitan dengan kegiatan akademik dapat terselesaikan

c.   terpantaunya perkembangan studi mahasiswa dan evaluasi capaian pembelajaran

d.   keberhasilan mahasiswa menyelesaikan kuliah setiap semesternya meningkat

e.   Mahasiswa dapat mengambil matakuliah wajib dan pilihan yang tepat sesuai dengan kemampuannya dan perencanaan untuk lulus tepat waktu.

2.    Hasil dari pembimbingan PI adalah mahasiswa dapat mengetahui proses persiapan (pembekalan), pelaksanaan PI di industri (perusahaan), pelaporan dan seminar hasil PI, hingga menghasilkan publikasi artikel ilmiah pada jurnal.

3.    Hasil dari bimbingan proposal dan skripsi/tugas akhir adalah mahasiswa dapat menyelesaikan dan menghasilkan proposal dan skripsi/tugas akhir

4.    Layanan UCC berkontribusi dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa. Layanan UCC memberikan kontribusi positif bagi perkembangan psikologi mahasiswa sehingga setiap permasalahan yang dihadapi dapat diberi solusi yang tepat.

5.    Layanan pramuka berkontribusi positif dalam kedisipilinan, empati, kepedulian sosial, bertanggung jawab dan akan diterapkan di sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib.

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk kegiatan:

1.    Organisasi kemahasiswaan (ormawa) tingkat jurusan, fakultas, dan universitas, terdiri dari HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tingkat Fakultas dan Universitas, DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) tingkat Fakultas dan Universitas.

2.    Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), yang terdiri dari UKM Olah Raga, UKM PSM, UKM Pandawa, UKM PRAMUKA.

3.    Komunitas yang berbasis keilmuan tingkat jurusan, terdiri dari komunitas radio dan komunitas baca buku.

Pelaksanaan :

1.    Organisasi kemahasiswaan pada tingkat jurusan diwadahi dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), sedangkan untuk tingkat Fakultas dan Universitas diwadahi oleh BEM dan DPM. Mahasiswa Prodi PTE, menjadi pengurus HMJ, DPM, BEM Fakultas maupun Universitas.

2.    Unit Kegiatan Mahasiswa diselenggarakan pada tingkat Fakultas dan Universitas.

3.    Melaksanakan kegiatan workshop radio komunitas

Hasil:

1.    UKM PSM dan UKM Pandawa telah mempunyai prestasi tingkat nasional.

2.    Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi, berkompetisi serta mampu menjalin kerjasama dengan pihak luar.

3.    Meningkatnya wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang radio

3 Pembinaan soft skills Bentuk kegiatan:

Kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan soft skills:

1.    LSP

2.    Training Leadership Mahasiswa

3.    Pembimbingan dan pelatihan KWU (Kewirausahaan)

4.    Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) bagi mahasiswa baru.

Pelaksanaan:

1.    LSP yang dilaksanakan di prodi PTE diantaranya, belajar bimbingan baca Al-Qur’an (Qiro’ah, Tartil, Tahfidz)

2.    Training Leadership Mahasiswa dilaksanakan setahun sekali

3.    Pembimbingan dan pelatihan KWU (Kewirausahaan) dilakukan secara periodik

4.    Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) bagi mahasiswa baru dilakukan pada awal tahun ajaran baru.

Hasil:

1.    Hasil kegiatan LSP menghasilkan mahasiswa hafal beberapa surat dalam Al-Qur’an di juz 30.

2.    Training leadership dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan dan soft skills serta kemampuan berkomunikasi secara efektik

3.    Pembimbingan dan pelatihan KWU (Kewirausahaan) dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dan mahasiswa memiliki usaha kecil menengah (UKM).

4.    Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) mahasiswa baru dapat mengenal budaya kampus, organisasi kampus, sistem perkuliahan di perguruan tinggi, dan berbagai fasilitas baik yang ada di program studi, fakultas maupun universitas, sehingga mahasiswa tidak mengalami kendala dalam mengikuti perkuliahan pada semester awal.

4 Beasiswa

 

Bentuk kegiatan :

Pemberian beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan/atau kurang mampu. Beasiswa tersebut terdiri dari:

1.    Beasiswa Bantuan Mahasiswa (BBM)

2.    Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA),

3.    Bidik Misi

4.    Beasiswa Candra Asri Petrochemical

 Pelaksanaan:

1.    Beasiswa BBM diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu

2.    Pemberian beasiswa PPA diberikan pada mahasiswa yang berprestasi dengan IP komulatif tertinggi atau mahasiswa yang telah menjuarai lomba tingkat nasional maupun internasional.

3.    Beasiswa Bidik Misi diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki prestasi baik.

4.    Pemberian Beasiswa Chandra Asri Petrochemical diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan memenuhi persyaratan.

Hasil:

  1. Pada tahun 2015/2016 terdapat 3 orang mahasiswa PTE yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi, 4 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa PPA dan 3 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa BBM.
  2. Pada tahun 2016/2017 terdapat 3 orang mahasiswa PTE angkatan 2015 mendapatkan beasiswa Bidik Misi, 7 orang mahasiswa PTE Angkatan 2016 mendapatkan beasiswa Bidik Misi, 1 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa PPA, dan 1 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa BBP-PPA.
  3. Pada tahun 2016/2017 terdapat 1 orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa PT. Chandra Asri Petrochemical
5 Kesehatan

 

Bentuk Kegiatan:

Layanan Poliklinik, terdapat 2 poliklinik yaitu Klinik Tirtayasa Medical Centre dan poliklinik umum yang terdapat di kampus pusat Serang.

Pelaksanaan:

Poliklinik beroperasi hari Senin s/d Jum`at, mulai dari jam 08:00 s/d jam 16:00 WIB dan memiliki tenaga medis terdiri dari seorang dokter umum dan seorang perawat.

Hasil:

Seluruh mahasiswa mendapatkan layanan poliklinik.