ICT-TRAINING DI KELURAHAN PABEAN KECAMATAN PURWAKARTA KOTA CILEGON BANTEN

Meningkatnya pertumbuhan penduduk di Kota Cilegon membawa konsekuensi pada masalah lingkungan binaan yang makin memprihatinkan. Beberapa kawasan terutama kawasan  pinggiran kota seringkali secara fisik tidak terakses oleh perencanaan kota secara formal, sehingga pada lingkungan kawasan seperti ini pola pertumbuhan lingkungan fisiknya tidak terencana dengan sistematis. Padahal, konsentrasi penduduk Kota Cilegon sebagian besar berada di kawasan pinggiran kota yang dalam istilah arsitektur dikenal dengan sebutan kampung kota.

Di sisi lain, keterbatasan ruang kota, permukiman yang padat, serta minimnya ruang publik masyarakat, membawa pengaruh pada penurunan kualitas lingkungan fisik serta pergeseran nilai-nilai kebersamaan dan toleransi di antara masyarakat. Padahal, salah satu aspek penting dalam pembangunan adalah kebersamaan, kepercayaan dan hubungan antar individu yang menjadi modal sosial (social capital) yang dapat memperkuat komunitas.

Melihat kondisi seperti diatas maka salah satu langkah yang perlu diambil adalah dengan peningkatan kualitas SDM. Peningkatan kualitas SDM yang dimulai sejak dini dapat berpengaruh pada daya saing individu itu sendiri. Langkah yang di ambil adalah memberikan ketrampilan tambahan kepada mereka yang berusia produktif. Salah satu ketrampilan yang akan diberikan kepada masyarakat adalah ketrampilan komputer. Dengan bekal ketrampilan komputer di harapkan masyarakat mampu bersaing untuk meningkatkan kinerja pekerjaan yang lebih baik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan pada Hari Sabtu 18 Juni 2016 bertempat  di Aula Kelurahan Pabean, Kecamatan purwakarta, Kota Cilegon, Banten. Materi dalam pelatihan ini meliputi Microsoft office 2010 dari Microsoft office word 2010, Microsoft office excel 2010, dan Microsoft office power point 2010. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan penyegaran dan tambahan wawasan serta pengetahuan baru di bidang teknologi informasi terutama aplikasi Microsoft office.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *